Social Icons

Friday, October 11, 2013

LAPORAN PRAKTIKUM STATISTIK DASAR Modul 3 & 4



LAPORAN PRAKTIKUM
STATISTIK DASAR
Modul 3 & 4
Description: AKAKOM-A

Disusun oleh:
Nama       :ILHAM JAYA PRATAMA
NIM          :125610032
Jurusan  :SISTEM INFORMASI/S1
LABORATORIUM TERPADU
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AKAKOM
Yogyakarta
2013
PERTEMUAN KE-3
STATISTIK DESKRIPTIF
1.       TEORI
Pengukuran deskriptif pada dasarnya memaparkan secara numeric ukuran tendensi sentral,disperse dan distribusi suatu data, tendensi sentral mengukur pemusatan data. Ada beberapa ukuran umum tendensi sentra yang sering digunakan yaitu mean, median dan modus,dispersi mengukur penyebaran suatu data. Ada beberapa ukuran disperse yang sering digunakan yaitu standar deviasi, variansi, standar Eror, Distribusi mengukur distribusi data. Ada beberapa ukuran distribusi yang sering digunakan yaitu skewness, kurtosis
2.       PEMBAHASAN
Deskripsi data dengan besaran statistic.
Dalam SPSS, deskripsi data dengan besaran statistic dapat dilakukan dengan menggunakan menu descriptive  statistics, yang terdiri dari sub menu:
1.          Frequencies
2.          Deskreptive
3.          Explore
4.          Crosstab
A.      Frequencies
Apabila sub menu frequencies diklik akan tampak sbb:
Spesifikasiminimum dari prosedure ini adalah memindahkan sebuah variable ke kotak variable(s).tombol staistics digunakan untu menampilkan deskripsi univariat dari variable numeric yang ada di daftar .tombol chart digunakan untuk menampilkan grafik batang, grafik lingkaran dan grafik histogram. Apabila diinginkan grafik histogramdengan kurva normalnya maka tandai check box Whit Normal curve.tombol format untuk menentukan format output tabel deskriptif.
B.      Deskriptives
Apabila submenu frequencies diklik maka akan tampak sbb :
Tombol options digunakan untuk menampilkan deskripsi univarat dari variable numeric yang ada didaftar
C. Explore
Apabila submenu Explore diklik maka akan tampak sbb:
Fungsi dari explore tersebut hamper sama dengan penjelasan frequencies tapi agak sedikit berbeda.
D. Crosstab
Apabila submenu crosstab di klik maka akan tampak sbb:
Fungsi disini pun juga sama dengan diatas tapi agak berbeda sedikit.
5.       KESIMPULAN Bahwa dalam statistic deskriptif disini mempelajari caranya mencari nilai tertinggi (maksimum),nilai terendah (minimum),nilai tengah (mean)dan lain sebagainnya. Supaya kita dapat mempelajari software-software yang baru agar mudah untuk menghitung kasus-kasus seperti contoh di SPSS selain itu bisa menghitung penyebaran suatu data.
6.       LISTING
TERLAMPIR













PERTEMUAN KE-4
DISTRIBUSI PROBALITAS
1.      TEORI
Distribusi probalitas adalah suatu nilai yang munkin akan keluar. Probalitas ini kita disajikan dengan rumus-rumus yang ada.
Pada distribusi probalitas diskrit dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Ø  DISTRIBUSI BINOMIAL
Ø  DISTRIBUSI POISSON
Ø  DISTRIBUSI HIPERGEOMETRI
Pada distribusi probalitas   kontinnyu dibagi hanya menjadi satu bagian yaitu :
Ø  DISTRIBUSI NORMAL
2.      PEMBAHASAN
Pada distribusi probalitas diskrit dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
A. Distribsi binomial
Apabila menyelesaikan dengan cara spss ketik menu transform; compute variable sehingga kotak dialog compute variable pada function group, pilih PDF & noncentral PDF dan pada function and special varable , pilih pdf.binom sperti pad gambar berikt ini :
 
B. Distribusi poison
Apabila akan menyelesaikan dengan cara SPSS klik transform ; compute variable sehingga kotak dialog compute variable pada function group, pilih PDF & noncentral PDF dan pada function and special varable , pilih PDF poisson sperti pada gambar berikut ini :
C. Distribusi hipergeometri
Apabila anda akan menyelesaikan dengan cara SPSS klik transform; compute variable sehingga kotak dialog compute variable pada function group, pilih PDF & noncentral PDF dan pada function and special varable , pilih PDF.hyper seperti pada gambar berikut ini :

Dan pada distribusi probalitas kontinyu terbagi menjadi satu bagian yaitu :
D. Distribusi normal
Apabila anda akan menyelesaikan dengan cara SPSS klik transform; compute variable sehingga kotak dialog compute variable pada function group, pilih PDF & noncentral PDF dan pada function and special varable , pilih pdf.normal seperti pada gambar berikut ini :
3.       KESIMPULAN
Distribusi probalitas adalah suatu nilai yang munkin akan keluar. Probalitas ini kita disajikan dengan rumus-rumus yang ada
4.      LISTING
TERLAMPIR



1 comment:

  1. SEGA Genesis - youtube.com
    SEGA Genesis - play video games for free in your browser. SEGA Genesis - play video games for free in your browser. SEGA Genesis - play video youtube mp3 games for free in your browser.

    ReplyDelete